Inventarisir Satwa di Pegunungan Meratus Kalimantan Selatan

Bentuk : Penawaran Kerjasama

Kepada : Seluruh Mapala Indonesia

Latar Belakang

Potensi ALAM Kalimantan Selatan tidak hanya terletak pada Budaya, Wisata Sungai, Pegunungan dan bukit-bukit,  hutan yang masih “asli” tepapi juga satwa-satwa endemik yang hidup di dalam nya, memang sampai saat ini tidak ada yang melakukan penelitian untuk menginventarisir satwa yang ada di hutan Kalimantan Selatan, khususnya daerah hutan pegunungan Meratus. Banyaknya program pemerintah daerah dalam hal pengawasan dan pemanfaatan hutan di Kalimantan Selatan, namun dari sekian banyak program tersebut tidak ada satu pun yang menyinggung untuk melakukan penelitian satwa di daerah hutannya sendiri. kesibukan Pemerintah daerah untuk melakukan pemberian izin eksploitasi dan pembukaan lahan besar-besaran adalah salah satu faktor yang tidak yang menjadi kendala untuk merealisasikan hal tersebut. Perburuan, pembunuhan, dll adalah beberapa faktor yang meyebabkan hilangnya beberapa satwa yang ada di Hutan kami. Lain daripada itu ekspolitasi, tambang, pembukaan lahan baik lewat pembakaran dsb adalah hal lain yang diaanggap penguecualian oleh pemerintah daerah kami. Orang utan, Burung enggang, biawak, elang gunung, hirangang, kijang, dan beberapa jenis burung lainnya juga sudah jarang terlihat di hutan kami. Hilangnya habitat inilah yang memberikan andil besar dalam kepunahan beberapa satwa di hutan pegunungan meratus.

Ironis memang apbila kita mengaku sebagai Pecinta ALam, namun tidak memperhatikan hal-hal ini, sehingga kami selaku Organisasi Mahasiswa Pecinta ALAM di KalimanTan Selatan mengajak Pecinta Alam Lainnya untuk berdiri dan menundukan kepalanya untuk menerima perenungan berbagi sedikit keprihatinan untuk daerah kami. Ucapan Terimakasih tentu akan kami berikan, Tapi kami meminta untuk lebih dari itu yaitu ikut membantu dan andil bagian dalam menyelamatkan potensi alam dunia.

Iklan

3 thoughts on “Inventarisir Satwa di Pegunungan Meratus Kalimantan Selatan”

  1. salam….

    Kalau tidak salah jumlah burung di Pegunungan Meratus sebanyak 316 jenis, hasil ini didapat setelah melaksanakan survey selama 2 bulan pada tahun 2005 silam, dengan mengambil sampel di 13 titik kawasan pegunungan meratus. kebetulan kmrn ikut dalam tim MMCM.
    selain burung, teman-teman dari YCHI memiliki data Mamalia, Insect, Fish dan Harpetofauna.

Silahkan Tulis Komentar/Saran/Kritik Anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s