Judicial Review UU BHP

PTS ajukan Judicial Review UU BHP
Banjarmasin, KP – Ketua STIA Bina Banua Banjarmasin Drs H Gerilyansyah Basrindu mengatakan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia sedang menyiapkan {{judicial review}} ke Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap pengesahan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (BHP).
Fakta tersebut diungkapkan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bina Banua Banjarmasin Drs Gerilyansyah Basrindu MM, saat memimpin acara Yudisium Sarjana dan Pasca Sarjana STIA Bina Banua Banjarmasin, di Kampusnya Jalan Pramuka Banjarmasin, Sabtu (14/3).
Dihadapan Ketua Yayasan Bina Banua Drs HM Yahya Khan dan 114 wisuda sarjana dan pasca sarjana serta tamu undangan, Gerilyansyah Basrindu mengatakan asosiasi tidak menolak UU BHP, tapi hanya mengajukan pasal-pasal yang dianggap merugikan PTS dengan kriteria menengah ke bawah. “Bagi PTS yang sudah mapan mungkin tidak ada masalah,” katanya.
Ia juga mengatakan selama UU BHP mengarahkan pendidikan sebagai perusahaan maka komersialisasi pasti ada di dalamnya. “Pendidikan terkesan jadi liberal, terutama bagi PTS sangat terasa sekali. Hal itu karena harus mendiversifikasi program dan mencari mahasiswa sebanyak-banyaknya,” katanya.
Selain itu, dia mengkhawatirkan pendidikan akan semakin mahal, karena berdasarkan survei untuk meraih gelar S1 (strata satu) yang bermutu diperlukan biaya sebesar Rp15 juta. “Sekadar perbandingan di PTS swasta ada yang hanya perlu biaya sekira Rp5 juta saja,” ungkapnya.
Khusus STIA Bina Banua, sambungnya, langkah mendesak yang dilakukan atas pemberlakuan UU BHP adalah pembenahan internal.
Sementara itu, Yudisium Sarjana dan Pasca Sarjana STIA Bina Banua diikuti 114 orang, terdiri 49 lulusan S1 jurusan Administrasi Bisnis dan Adiminstrasi Publik serta 56 lulusan S2 jurusan Administrasi Publik.
Sejak didirikan hingga kini, STIA Bina Banua sudah memuluskan sekira 3.000 lulusan dari berbagai program dan jurusan. “Jumlah mahasiswa STIA Bina Banua saat ini lebih kurang 760 orang,” pungkas Gerilyansyah Basrindu.
Bahkan, ujanya, STIA Bina Banua juga berencana membuka S3, karena selain jumlah alumninya sudah cukup banyak juga desan arus alumni dan tawaran kerjasama dengan Universitas Penjajaran makin terbuka lebar.(vin)

Iklan

Silahkan Tulis Komentar/Saran/Kritik Anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s