Tahukah Anda..?

Setiap ton kertas daur ulang dapat menyelamatkan 17 pohon, 380 galon minyak, 3 yard kubik tempat pembuangan sampah, 4.000 kilowatt energi, dan 7.000 galon air, Ini menunjukkan penghematan 64% energi, 58% air, dan 60 pon polusi udara berkurang. 17 pohon yang terselamatkan, dapat menyerap 250 pon karbondioksida dari udara tiap tahunnya. Membakar dalam jumlah yang sama dapat menciptakan 1.500 pon karbondioksida. Mendaur ulang satu kaleng alumunium dapat cukup menyelamatkan energi untuk menjalankan TV selama 3 jam atau setara dengan setengah gallon bensin. Tak ada batasan berapa kali sebuah kaleng alumunium dapat didaur ulang. Jika kamu memiliki pohon berumur 15 tahun dan dibentuk menjadi kantong makanan, kamu akan mendapatkan sejumlah 700 kantong. Sebuah supermarket besar menghabiskan kantong itu hanya dalam waktu satu jam! Ini berarti dalam setahun supermarket membuang 60.500.000 kantong! Bayangkan berapa jumlah supermarket yang ada di AS! Sampah plastik atau benda-benda yang mengandung plastik (tas kresek, kantong plastik, bungkus permen, kemasan styrofoam atau gabus) jika dibuang begitu saja kedalam tanah, baru akan hancur dalam waktu sekitar 200 hingga 400 tahun.

Cerita nyata

Seorang rekan wartawan Indonesia pernah bercerita saat berlibur ke Singapura. Suatu ketika ia belanja minuman dalam kemasan di sebuah toko. Setelah membayar, ia bergegas hendak pergi. Tetapi, sebelum jauh melangkah, pemilik toko memanggilnya kembali, “Anda dari Indonesia?” “Benar,” kata wartawan. “Kalau begitu, Anda harus meminumnya di sini!” Si wartawan heran. Mengapa pembeli yang lain boleh bebas

membawa keluar minuman yang dibelinya? “Kenapa?” “You, orang Indonesia, suka buang sampah dimana saja!” Hiks. Label memalukan: ‘Orang Indonesia suka buang sampah di mana saja’. Namun, tak ada waktu berargumentasi. Terpaksa sang wartawan itu meminum minumannya di toko itu juga, dan langsung membuang botol bekasnya ke tong sampah yang tersedia di sana.

(Harian Pikiran Rakyat, 30 Mei 2005).

By : MJFH 138

Perambahan hutan di daerah kalimantan Selatan..

3 thoughts on “Tahukah Anda..?”

  1. Kakak2, boleh minta gambar2 proses2 daur ulang kertas bekas? Lengkap dg penjelasannya… Atau ada videonya?.

    Pengen daur ulang kertas, tp ga tau caranya.. Banyak bgt koran bekas d rmh, lgpl aku anak rumahan jd klw ga ada kegiatan pengen ngolah koran2 itu tp ga tw gmn..

    Kalau boleh, kirimin k emailku yaa.. : yuuumaariii@yahoo.com

    terima kasih….

Silahkan Tulis Komentar/Saran/Kritik Anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s