Jutaan Hektar Hutan Hilang

BANJARMASIN-Kondisi lingkungan di Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalami kerusakan yang makin memburuk, sebagai dampak intensifnya pemanfaatan sumber daya alam (SDA).
Hal itu, kata Gubernur Rudy Ariffin, disebabkan pemanfaatan SDA oleh pemegang hak pengusahaan hutan secara besar-besaran sebagai sumber pendapatan devisa negara. “Kita telah kehilangan berjuta-juta hektar hutan. Hutan berubah menjadi tanah gundul dan kritis,” papar Rudy dalam pidatonya di upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia di halaman gubernuran, kemarin.
Saat ini, paparnya, tercatat tidak kurang 46 perkebunan perusahaan besar, 41 tambang besar batubara yang mengantongi izin PKP2B (perjanjian karya pengusahaan pertambangan batubara), serta 363 KP (kuasa pertambangan) yang beroperasi di Kalsel.
Menurut Rudy, hilangnya hutan telah merusak tatanan ekosistem, dan menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim, menurunnya fungsi hidrologi, dan kesuburan tanah. “Bukan itu saja, munculnya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kekeringan hingga perubahan iklim yang tidak menentu,” sebutnya.
Semua itu, lanjut Rudy, tidak hanya akibat proses alam, tetapi juga akibat tangan manusia yang tidak memperhatikan aspek lingkungan. “Sebab, tidak memperhatikan hukum, dan melanggar aturan,” katanya.
Untuk itu, kata Rudy, hendaknya semua pihak atau sektor menjaga keseimbangan lingkungan secara konsisten. “Saya menegaskan untuk lima tahun mendatang pencemaran dan kerusakan lingkungan supaya dapat ditangani segera oleh semua sektor,” tandas Rudy di hadapan peserta upacara tersebut.
Selain itu, Rudy menghendaki, penanaman kesadaran lingkungan sejak dini harus segera dilakukan, dan koordinasi pelestarian lingkungan, serta perubahan regulasi terkait lingkungan khususnya masalah tata ruang.(farid)

Silahkan Tulis Komentar/Saran/Kritik Anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s