SYARAT DAN KETENTUAN PEMINJAMAN/PENYEWAAN PERALATAN

1. PIHAK YANG MEMINJAMKAN/MENYEWAKAN ADALAH MAPALA JUSTITIA FAKULTAS HUKUM UNLAM DALAM HAL INI KABID KESEKRETARIATAN ATAU ANGGOTA YANG DIBERIKAN WEWENANG SECARA KHUSUS UNTUK MEMINJAMKAN/MENYEWAKAN PERALATAN OLEH DEWAN PIMPINAN PELAKSANA (DPP) DAN ATAU AD/ART SERTA GBHO MAPALA JUSTITIA FAKULTAS HUKUM UNLAM SELANJUTNYA DISEBUT SEBAGAI PIHAK I.

2. PIHAK YANG MEMINJAM/MENYEWA ADALAH SELURUH ORGANISASI, INSTANSI, ATAUPUN LEMBAGA YANG DIAKUI EKSISTENSINYA SECARA HUKUM SELANJUTNYA DISEBUT SEBAGAI PIHAK II.

3. YANG DIMAKSUD PERALATAN ADALAH SELURUH BARANG INVENTARIS DAN ATAU BARANG YANG DIKUASAKAN KEPADA MAPALA JUSTITIA FAKULTAS HUKUM UNLAM.

KEDUA BELAH PIHAK BERSEPAKAT UNTUK MELAKUKAN SUATU PERJANJIAN DENGAN KETENTUAN SEBAGAI BERIKUT :

Pasal 1

(1) PIHAK KE II WAJIB MEMBAWA, MEMBERITAHUKAN DAN MENYERAHKAN SURAT PEMINJAMAN/PENYEWAAN PERALATAN SEKURANG-KURANGNYA 3 HARI SEBELUM KEPERLUAN PIHAK KE II KEPADA PIHAK I.

(2) PIHAK I BERHAK UNTUK MENOLAK MEMINJAMKAN/MENYEWAKAN APABILA PIHAK II TIDAK MEMENUHI ATURAN DALAM AYAT (1) DIATAS ATAU PERALATAN YANG INGIN DIPINJAM/DISEWA SEDANG DIPERLUKAN, DIPERGUNAKAN DAN ATAU DALAM MASA PERAWATAN PIHAK I.

Pasal 2

(1) PENYEWAAN PERALATAN AKAN DITENTUKAN OLEH PIHAK I DENGAN MELIHAT HAL-HAL YANG DIANGGAP PERLU SEBAGAI BAHAN PERTIMBANGAN HARGA SEWA.

(2) PEMBAYARAN HARGA SEWA DILAKUKAN SECARA TUNAI OLEH PIHAK KE II KEPADA PIHAK I DENGAN DIBERIKAN TANDA TERIMA YANG SAH (KUITANSI).

(3) PIHAK KE II WAJIB MENGEMBALIKAN TEPAT WAKTU PERALATAN YANG DIPINJAM/DISEWA KEPADA PIHAK I SESUAI DENGAN KESEPAKATAN YANG DITENTUKAN, APABILA PIHAK KE II INGIN MENAMBAH WAKTU PINJAM/SEWA MAKA DIWAJIBKAN UNTUK MEMBERITAHUKAN KEMBALI SECARA TERTULIS KEPADA PIHAK I.

Pasal 3

(1) SELAMA MASA PEMINJAMAN/PENYEWAAN PIHAK KE II WAJIB MENJAGA DAN MERAWAT PERALATAN YAG DIPINJAM/DISEWA.

(2) PIHAK KE II DILARANG MENGALIH PINJAMKAN/SEWAKAN KEPADA PIHAK LAIN (PIHAK KE III), DENGAN ANCAMAN PEMBATALAN PERJANJIAN DISERTAI DENGAN GANTI KERUGIAN KEPADA PIHAK I.

(3) PIHAK KE II WAJIB MENGEMBALIKAN SECARA UTUH DAN BERSIH BARANG YANG DIPINJAM/DISEWA KEPADA PIHAK I.

(4) JIKA TERJADI KERUSAKAN KECIL, ATAU KERUSAKAN SEBAGAI AKIBAT DARI PIHAK KE II ATAU ORANG YANG BERADA DIBAWAH PENGAWASANNYA, MAKA SEMUA BIAYA PERBAIKAN DIBEBANKAN DAN MENJADI TANGGUNG JAWAB PIHAK KE II.

(5) JIKA TERJADI KERUSAKAN BERAT ATAU HILANGNYA PERALATAN YANG DIPINJAM/DISEWA MAKA PIHAK KE II BERSEDIA UNTUK MENGGANTI PERLATAN TERSEBUT DENGAN YANG BARU ATAU SESUAI DENGAN KESEPAKATAN YANG AKAN DISEPAKATI SESUDAHNYA.

Pasal 5

(1) PIHAK I WAJIB MEMBERITAHUKAAN KEPADA PIHAK KE II PERIHAL KONDISI PERALATAN YANG AKAN DISEWAKAN/DIPINJAMKAN.

(2) PIHAK I MENJAMIN BAHWA BARANG YANG DIPINJAMKAN/DISEWAKAN ADALAH SEPENUHNYA HAK MILIK MAPALA JUSTITIA FAKULTAS HUKUM UNLAM DAN TIDAK DALAM KEADAAN DISENGKETAKAN, BEBAS TUNTUTAN APAPUN DARI PIHAK KE III.

Pasal 6

SEMUA PERSELISIHAN YANG TIMBUL AKIBAT DARI PERJANJIAN INI AKAN DISELESAIKAN SECARA MUSYAWARAH MUFAKAT OLEH KEDUA BELAH PIHAK.

Pasal 7

HAL-HAL LAIN YANG BELUM DIATUR DAN DIANGGAP PERLU DALAM ATURAN INI AKAN DIATUR KEMUDIAN OLEH PIHAK I DENGAN MEMBERITAHUKAN SECARA LANGSUNG KEPADA PIHAK KE II.

ATURAN INI BERLAKU MUTLAK BAGI SEMUA PIHAK YANG BERKEPENTINGAN DAN MULAI BERLAKU SEJAK DIKELUARKAN.

DISAHKAN DI BANJARMASIN

PADA TANGGAL…………………

KETUA UMUM MAPALA JUSTITIA FH UNLAM

————————————————–

(mjfh 138)

2 thoughts on “SYARAT DAN KETENTUAN PEMINJAMAN/PENYEWAAN PERALATAN”

Silahkan Tulis Komentar/Saran/Kritik Anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s