Alasan atau Kepedulian….

Seperti yang kita tahu bahwa mandi merupakan sebuah rutinitas wajib yang dilakukan Manusia setiap hari, dan setiap orang punya kebiasaan masing-masing baik itu cara, intensitas ataupun perlengkapan yang digunakan pada saat mandi…..
tapi kalo dari pengalaman pribadi saya seh anak-anak PA biasanya punya kesamaan kalo berkaitan dengan mandi ini,,,,,, hehehehe pasti sudah bisa ditebak ya,.,. betul sekali….
Anak-anak PA terkenal dengan kebiasaan jarang Mandinya… eiiitss jangan tertawa dulu, dari survey yang saya lakukan selama ini kebiasaan tersebut mempunyai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan, bahkan menurut saya menjurus kepada perbuatan yang mulia……. dan apakah itu????
berikut saya paparkan 3 alasannya :
1. MALAS (alasan klasik) kalo yang ini seh gak hanya anak PA semua orang pasti pernah menggunakan alasan ini, biasanya dipengaruhi faktor kegiatan yang dilakukan sebelumnya…

2. EFEKTIFITAS WAKTU, Anak PA terkenal dengan kebiasaan manajemen waktunya (serius, surveynya seh dalam lingkup Organisasi Gw aja…🙂 ) didalam Organisasi PA salah satu hal yang penting dan pasti diajarkan oleh Senior kita manakala kita masuk kedalam salah satu OPA adalah Manajemen, karena ketika melakukan perjalanan pendakian/ekspedisi ataupun jalan-jalan biasa ketepatan jadwal adalah salah satu penentu keberhasilannya makanya disiplin adalah salah satu bawaan sifat anak-anak PA yang tidak usah diragukan lagi,,,,
##terus korelasi nya dengan pembahasan ini apa???
oh iya,, efektifitas waktu yang dimaksud disini adalah penghematan waktu yang didapat ketika mengurangi atau bahkan menghilangkan rutinitas mandi dalam jadwal harian, anggap aja setiap kali kita mandi memerlukan waktu rata-rata 10 menit dalam sehari kita melakukannya 2 kali, nah bayangkan aja berapa waktu yang kita habiskan buat mandi dalam setahun… (hitung sendiri aja ya!)
oleh karena itu anak PA mengubah kebiasaan tersebut, yang dulunya 2X dalam sehari jadi 1X dalam sehari, atau 1X dalam 2 hari, atau dan sebagainya-dan seterusnya, hasilnya pasti waktu yg cukup untuk melakukan hal-hal lain….

3. MENGHEMAT AIR, seperti yang kita ketahui bahwa Air didunia ini tidak akan pernah habis, itu terjadi karena adanya Siklus air atau siklus hidrologi yaitu sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfir melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi.( hehehehe,, maksudnya googling sendiri ya ) intinya adalah Jumlah air di bumi secara keseluruhan relatif tetap, yang berubah adalah wujud dan tempatnya, kita-kita pasti pernah belajar pelajaran IPA mengenai Siklus ini di waktu esde dulu, yang perlu saya sampaikan disini adalah Kualitas AIR yang ada dibumi ini semakin lama bakalan semakin menurun/tercemar karena ulah manusia-manusia yang tidak tau dan tidak peduli dengan cara hidup yang lebih ramah lingkungan, kita semua sudah sering menyaksikan bagaimana sungai, laut, danau, waduk, dan rawa yang ada Di tempat kita tinggal pasti kondisinya sangat memprihatinkan, nah padahal air-air dari sumber itulah yang setiap harinya bersirkulasi (bayangkan saja apa yang akan terjadi semakin kedepan) tetntunya kita ingin air yang kita gunakan dan konsumsi adalah air yang sehat dan bersih maka dari itu anak-anak PA berusaha memberikan sedikit apresiasi dengan cara dan pemikiran tersendiri (yang kadang-kadang dianggap sebelah mata) sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan Generasi yang akan datang contoh kecilnya adalah menghemat air pada saat mandi.

itulah tadi sedikit penjelasan yang berasal dari pengalaman gw selama ini berjalan bersama anak-anak MAPALA JUSTITIA FH UNLAM BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan bisa mengubah pola pikir kita menjadi lebih pro terhadap lingkungan tempat dimana kita tinggal.

“kami mencintai alam karena tanpa alam kami bukan apa-apa”

BRAVO JUSTITIA!!!
“Tips cara Bijak menghemat penggunaan air pada saat mandi dibahas di next artikel.”

(MJFH 138)

2 thoughts on “Alasan atau Kepedulian….”

Silahkan Tulis Komentar/Saran/Kritik Anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s