Lakukan Hal Kecil Dengan Semangat Yang Besar

Kenyataanya saat ini kita sudah banyak mendengar tentang berbagai berita yang mengisahkan tentang bagaimana hampir seluruh kawasan dipenjuru bumi mengalami yang namanya kerusakan lingkungan, sebut saja mencairnya lapisan gletser dikutub, rusaknya hutan diseluruh dunia, tercemarnya sungai, hancurnya biota laut dan seterusnya, kerusakan tersebut sungguh sangat mengganggu dan apabila dipikirkan dan didiskusikan secara mendalam akan menimbulkan suatu sub bagian rentetan kejadian yang rumit dan semakin membuat kita muak dengan kenyataan yang sedang terjadi sekarang.
Konspirasi, kepentingan pihak tertentu, kerakusan dan ketidakpedulian adalah merupakan kata kunci yang sering diperbincangkan dan diperdebatkan. Telah banyak solusi, upaya, dan cara yang dilakukan banyak pihak yang perduli maupun “perduli” terhadap kelestarian bumi, yang patut untuk mendapatkan apresiasi dan dukungan.
Sampai saat ini banyak tumbuh subur organisasi, lembaga maupun komunitas yang mendeklarasikan dirinya sebagai kelompok pemerhati/peduli lingkungan artinya kesadaran akan pentingnya lingkungan yang hijau dan lestari semakin berkembang dan semoga semangat positif kawan-kawan tersebut bisa menular dan ditularkan kepada banyak pihak.
Seperti judul tulisan ini “Lakukan Hal Kecil Dengan Semangat Yang Besar”, pada kesempatan kali ini kami ingin mengajak kawan-kawan yang singgah diblog dan membaca tulisan ini untuk sedikit perduli dan bertanggung jawab atas perilaku kita sehari-hari, yang tanpa kita sadari ternyata turut membantu laju kerusakan lingkungan sekitar tempat tinggal kita.
Berikut kami akan menjelaskan beberapa cara yang mungkin terlihat sepele namun sering diabaikan dan ternyata memiliki manfaat yang besar terhadap kelangsungan lingkungansekitar kita :

1. Memilah dan membuang sampah pada tempat yang seharusnya, mungkin tanpa kita sadari pada beberapa kesempatan, ketika kita berada diluar rumah sering menggunakan/mengkonsumsi produk yang memiliki bungkus, baik plastik, kertas, kaleng dll, dan membuangnya begitu saja, hal ini tentunya bukan merupakan tindakan yang baik karena faktanya sampah yang kita buang tersebut bisa menyebabkan dampak negatif bahkan bencana yang sangat merugikan sebut saja banjir, selain itu bisa menjadi tempat tinggal nyamuk, padahal tidak membutuhhkan waktu dan tenaga untuk membuang ketempat sampah atau kalau tidak tersedia kita bisa menyimpan dikantong atau tas, maka mulai dari sekarang biasakan untuk meninggalkan kebiasaan tersebut.

2. Bijak dalam penggunaan air, biasakanlah untuk tidak menyia-nyiakan air dalam setiap aktifitas seperti mandi, mencuci, karena seperti kita ketahui kualitas air semakin lama semakin menurun selain itu kita juga bisa menekan pengeluaran pembayaran (Listrik & Ledeng).

3. Hemat Listrik, suatu ketika penulis pernah berdebat dengan seorang teman terkait penggunaan alat elektronik yang dipakai dalam sekretariat, sekali lagi hal ini bukan hanya tentang pemakaian listrik gratis tapi sejauh mana kita bisa mencegah penggunaan listrik yang tidak perlu karena ketika kita melakukan penghematan listrik berarti kita turut menekan penggunaan bahan bakar fosil yang digunakan Perusahaan Listrik dalam memproduksi listrik yang kita nikmati saat ini.

4. Menggunakan Produk-produk ramah lingkungan, pada saat ini sudah banyak beredar barang-barang yang mengangkat isu go green, tidak ada salahnya mencoba mungkin terkesan konsumtif tapi yakinlah perbuatan tersebut memberikan kontribusi untuk bumi kita tercinta tapi sekali lagi teliti sebelum membeli :).

5. Gunakan kertas bolak-balik, Kertas adalah sebuah media yang sangat penting dalam kehidupan. Yang paling umum adalah kertas digunakan sebagai media tulis kita sehari-hari. Setiap hari kita pasti menggunakan atau paling tidak berhubungan dengan kertas. Tanpa sadar kalau perilaku boros kertas itu ternyata turut membantu laju pengurangan hutan (deforestasi), untuk dokumen yang bersifat draft atau tidak terlalu penting, cetaklah dua sisi. Ini akan menghemat kertas, karena jika anda mencetaknya di satu sisi anda butuh 100 lembar, maka dengan mencetaknya di dua sisi maka anda hanya akan membutuhkan 50 lembar kertas saja, atau gunakan kertas yg sisi belakangnya kosong untuk membuat memo atau hal lain yang sifatnya tidak formal.

6. Gunakan Kendaraan bermotor dengan maksimal, seringkali ketika melakukan perjalanan baik itu kesekolah, kampus, kantor, ataupun sekedar jalan-jalan kita menggunakan kendaraan yang berlebihan padahal 1 motor atau mobil bisa memuat lebih dari satu orang, bayangkan berapa banyak polusi yang dihasilkan, selain memberikan dampak negatif terhadap lingkungan juga berdampak pada kesehatan makhluk hidup, makanya mulai dari sekarang ajak teman-teman yang satu arah dengan tujuan kamu, atau gunakan angkutan umum untuk menuju tempat tujuan kamu, pertahankan pengaturan standar kendaraan bermotor anda. pisss

7. Gunakan kendaraan ramah lingkungan (bike to work/school), sekarang sudah mulai ngetrend neh kebiasaan ini, tapi ingat safety first, helm dan masker serta kacamata jangan sampai ketinggalan.

8. Tanam Pohon, seperti kita ketahui bahwa pada saat ini cuaca sudah tidak menentu, terkadang musim panas yang panjang atau musim hujan yang serasa tidak ada habisnya dan tidak ada salahnya mulai sekarang mencoba untuk menanam pohon dilingkungan rumah, kalo bisa tanaman produktif yang menghasilkan misalnya pohon yang bisa berbuah karena pohon memiliki banyak manfaat lo, kalo gak percaya cari aja di mbah Google, hehe oke_tanam-tanam sirammm. 🙂

9. Mendukung gerakan Peduli Lingkungan, bisa kita lihat diberbagai media tentang gencarnya aksi kawan-kawan kita dalam menyuarakan keinginan untuk mendapatkan keadilan bagi Lingkungan, atau aksi mereka dijalanan secara langsung ditempat kita, asal kawaan-kawan pembaca tahu mereka itu bergerak atas inisiatif dan rasa sosial dan kepedulian mereka yang besar, untuk itu pantaslah bagi mereka setidaknya mendapatkan dukungan dari kita yang sedang tidak berbuat apa-apa ini, sekedar senyum atau turut membaca selebaran yang mereka bagikan bukan merupakan hal yang sulit karena setiap tetes keringat bahkan darah yang mereka keluarkan itu adalah bukti tulus mereka akan harapan terhadap cita-cita yang diperjuangkan bersama sampai saat ini yaitu Perhatian pemerintah terhadap keadilan lingkungan.

10. Bergabung bersama organisasi Pecinta Alam, untuk kawan-kawan yang bersekolah atau kuliah tentunya organisasi semacam SIPALA atau MAPALA pasti sudah tidak asing lagi, nah sebagai bentuk keingintahuan dan kepedulian kalian tidak ada salahnya untuk mengikuti atau mendaftar menjadi anggota nya, percaya deh pasti gak bakalan rugi malahan banyak mendapatkan manfaat dan keuntungan. Selain itu organisasi ini juga mengajarkan segudang pengalaman outdoor kalian yang memiliki nyali dan hobi bernostalgia di alam bebas, mengutip dari kata-kata Soe Hok Gie “Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal objeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung.” 😀

Mungkin sedikit tulisan diatas tersebut bisa menjadi berguna buat para pembaca, syukur-syukur bisa dilaksanakan atau malahan sudah ada yang melaksanakan dan memiliki cara yang lebih banyak lagi, kalo ada silakan dishare dikomen aja ya….
Mulai sekarang mari kita bertanggung jawab atas apa yang akan kita perbuat, sejauh mana kesanggupan kita dalam menjaga dan peduli terhadap lingkungan, bukan masalah seberapa besar atau kecilnya sumbangsih kita tapi seberapa kuat keinginan kita, toh besar kecil perbuatan kita baik itu hal yang positip atau negatip dalam kaitannya kelestarian bumi tidak ada tolak ukur atau lembaga yang menilainya.
Mari, mari dan mari peduli, kalo bukan kita-kita siapa lagi kalo bukan sekarang kapan lagi, tunjukan aksi kecil kita dengan semangat yang besar mengalahkan semangat para “pemilik kepentingan” yang mengeksploitasi alam.
Salam Rimba, Adil dan Lestari Alam kita jaya !!!

(MJFH138)

Iklan

Silahkan Tulis Komentar/Saran/Kritik Anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s