Ekspedisi Bersama Bupati Katingan. Bukit Raya-Bukit Baka 2278 Mdpl.

Beberapa waktu yang lalu kami dari Mapala Justitia mendapatkan undangan untuk berpartisipasi dalam ekspedisi Bukit Raya-Bukit Baka bersama Bupati Katingan yaitu, Bapak Akhmad Yantenglie dan saudara-saudara pencinta alam se-Kalimantan. Berdasarkan undangan itu kami langsung membentuk Tim yang berisikan 3 orang anggota aktif Mapala Justitia yaitu,:

1. Stephanus Agus Sugianto

2. Muhammad Imam Satria Jati

3. Muhammad Deri Saputra.

Tim yang akan berangkat mewakili dan membawa nama Mapala Justitia ini pun langsung mempersiapkan hal hal yang diperlukan sebelum berangkat menuju Bukit Raya. Hal-hal yang dipersiapkan itu termasuk persiapan fisik dan mental juga perlengkapan serta peralatan dan logistik yang memadai. Hari yang ditentukan pun telah tiba, berangkat dari sekretariat Mapala Justitia Tim langsung menuju Katingan. Sesampainya disana Tim langsung disambut oleh saudara-saudara Pencinta Alam yang juga tergabung dalam ekspedisi ini. Tak berapa lama kami langsung berkumpul untuk mendengarkan pengarahan oleh ketua panitia ekspedisi dan sambutan dari Bapak Bupati Katingan-Bapak Akhmad Yantenglie. Setelah itu kami dibawa ke sebuah desa bernama Desa Tumbang Habangoi, Kecamatan Petak Malai.

Sesampainya disana kami disambut penduduk dengan beberapa upacara adat dan kesenian khas daerah tersebut. Keesokan harinya kami beserta saudara-saudara pencinta alam lainnya siap melakukan ekspedisi. Ekspedisi dimulai dengan upacara pemberkatan yang dipimpin oleh tetua desa dan bapak Bupati Katingan itu sendiri. Hal ini dilakukan bertujuan agar di saat ekspedisi tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta kembali dengan selamat. Ekspedisipun dimulai dengan memakan waktu kurang lebih 1 minggu akhirnya Tim berhasil mencapai puncak tertinggi Bukit Raya yang bernama Puncak Kakam di ketinggian 2278 Mdpl. Sebuah kepuasan tersendiri yang kami rasakan setibanya di puncak.

Semua ego, ambisi, rasa lelah, emosi, melebur menjadi satu yaitu kebahagian batin yang tidak ternilai rasanya. Disitu kami menancapkan bendera Mapala Justitia FH Unlam untuk dikibarkan di puncak tertinggi di Pulau Kalimantan dan bendera tersebut kami tinggalkan di puncak dengan alasan kami akan kembali lagi ke sini di puncak ini untuk mengambil kembali bendera kebanggaan kami. Di puncak, kami melakukan upacara adat yang dipimpin oleh tetua desa dan Bupati Katingan. Setelah melakukan upacara dan menikmati pemandangan yang disuguhkan oleh alam di sekitar, kami memutuskan untuk turun dan kembali ke desa bersama para rombongan ekspedisi. Sesampainya di desa kami di sambut kembali oleh penduduk desa dan kami dipersilahkan untuk beristirahat di tempat yang sudah disediakan oleh para penduduk desa. Keesokan harinya kami melakukan sedikit sosialisasi kepada penduduk desa mengenai pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar kita.

Tak lama setelah itu kami pamit untuk meninggalkan desa dan kembali menuju Katingan. Sesampainya di Katingan kami dijamu degan meriah dikediaman Bupati Katingan dan kamipun menikmatinya. Senda gurau, gelak tawa canda menghiasi acara pada malam itu. Pada pagi hari di keesokan harinya kami kembali berkumpul untuk melakukan penutupan acara ekspedisi bersama yang di pimpin oleh Bapak Akhmad Yantenglie, beliau berharap semoga di tahun depan acara seperti ini bisa terlaksana kembali. Setelah acara itu kamipun langsung kembali menuju Banjarmasin dengan membawa pengalaman yang tak ternilai harganya.

SALAM LESTARI !!!!!!!!!

IMG_6185

Foto bersama sebelum berangkat Ekspedisi.

IMG_6179

Tim yang berangkat dalam Ekspedisi ini.

IMG_6279

Pembukaan Acara Ekspedisi yang dipimpin oleh Bapak Akhmad Yantenglie selaku Bupati Katingan.

IMG_6380 IMG_6390 IMG_6409

Kesenian daerah & Upacara Ritual yang dilakukan setibanya kami tiba di Desa Tbg.Habangoi

IMG_6568

Istirahat di Sela Sela Ekspedisi.

IMG_6603

Upacara Ritual yang dilaksanakan setiba kami sampai di Puncak Bukit Raya. IMG_8241

Berfoto di Puncak Bukit Raya Bersama rekan rekan pencinta alam yang tergabung didalam Ekspedisi.

DSC_8187

Bravo Justitia !!!

One thought on “Ekspedisi Bersama Bupati Katingan. Bukit Raya-Bukit Baka 2278 Mdpl.”

Silahkan Tulis Komentar/Saran/Kritik Anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s