Cara Mudah Daur Ulang Kertas bekas

  Alat dan Bahan
Membuat kertas daur ulang ini tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Alat dan bahannya bisa diperoleh dengan mudah dari lingkungan di sekitar kita. Alat yang kita butuhkan hanyalah dua buah ember besar, blender untuk menghancurkan kertas, satu atau lebih cetakan kertas yang tersebut dari dua buah bingkai kayu dan spons untuk menyerap air. Untuk mencetak kertas kita membutuhkan satu bingkai kayu dengan saringan kawat dan satu bingkai tanpa saringan. Saringian kawat ini bisa dibuat dari kain kassa. Ukuran bingkai kayu untuk cetakan kertas ini kita sesuaikan dengan ukuran kertas yang diinginkan, misalnya ukuran folio, atau double polio. Jangan lupakan pula selembar kain bekas yang panjangnya cukup untuk alas menjemur kertas yang sudah jadi. Di sini kita bisa memanfaatkan kain bekas spanduk. Bahan untuk membuat kertas daur ulang ini adalah air, kertas-kertas, bekas pakai serta daun-daun atau bunga-bunga kering untuk hiasan.

Cara Membuat
Cara membuatnya juga sangat mudah. Pertama kita hancurkan kertas-kertas bekas itu dengan cara menyobek-nyobeknya hingga berbentuk serpihan-serpihan kecil. Semakin kecil dan semakin halus sobekan kerta itu akan semakin bagus. Kemudian sobekan-sobekan kerta ini kita rendam dalam seember air selama minimal dua malam. Semakin lama merendam semakin baik. Untuk membantu proses pelarutan tinta dalam kerta bekas, maka rendaman kertas ini bisa kita rebut selama satu atau dua jam. Setelah rebusan kerta ini mendingin, kita blender rebusan ini sampai benar-benar hancur, hingga menjadi bubur kertas. Bubur kertas yang kental ini kemudian kita larutkan sedikit demi sedikit dalam seember air, dengan perbandingan kurang lebih 1:10, atau kita perkirakan sesuai dengan ketebalan kertas yang kita inginkan. Semakin tebal kertas yang kita inginkan, semakin kentallah campuran yang harus kita buang. Campur bubur kertas dengan air hingga benar-benar larut. Kertas pun siap kita cetak dengan memakai cetakan kertas yang telah disediakan.

Mencetak kertas daur ulang ini juga memerlukan trik khusus agar hasilnya baik. Ember yang dipakai untuk mencampur bubur kertas dengan air itu, haruslah yang berukuran besar, agar cetakan kertas bisa masuk seluruhnya ke dalam ember. untuk mencetak, kita lekatkan dua buah bingkai kayu sebagai cetakan kertas. Bingkai kayu yang tak memiliki saringan kawat ditempelkan pada sisi bingkai kayu yang ada saringan kawatnya. Kemudian cetakan kertas ini kita masukkan dari pinggir ember dengan posisi tegak lurus, horisontal, sejajar dengan ember. Kita celupkan cetakan ini hingga masuk seluruhnya ke dalam ember. Setelah itu, baru kita angkat kertas itu perlahan-lahan. Tunggu hingga air yang menetes dari cetakan habis. Kemudian angkat bingkai kayu yang tak memiliki saringan kawat dengan hati-hati agar kertas yang sudah dicetak tidak rusak dan cetak kertas di atas kain alas. Cara mencetaknya, tempelkan bingkai kayu yang berisi bubur kertas ke atas kain alas. Serap air yang ada di dalam kertas yang dicetak dengan menggunakan spons. Gerakkan spons dengan gerakan satu arah di atas kertas. Berhati-hatilah agar kertas yang dicetak tidak robek. Peras dan keringkan spons kemudian gunakan kembali untuk menyerap air dalam kertas. Ulangi hingga air di atas kertas habis, kemudian angkat cetakan kertas dengan hati-hati. Jemur hingga kertas mengering.

Untuk variasi, kertas daur ulang ini kita bisa kita warnai sesuai dengan keinginan kita. Sebagai pewarna alami, kita bisa memakai daun pandan atau daun-daun yang lain untuk warna hijau. Untuk warna kuning kita bisa memakai kunyit, dan untuk warna merah, kita bisa memakai daun jati yang ditambuk atau kayu secang yang telah direbus terlebih dahulu. Caranya, tumbuk atau parut bahan pewarna alami yang kita inginkan, peras dan saring, ambil airnya untuk mewarnai. Pewarna alami ini bisa kita campurkan pada waktu kita mencetak kertas. Selain itu kita juga bisa menambahkan hiasan berupa serpihan daun-daun atau bunga, agar kertas daur ulang kita terlihat lebih artistik. Penambahan hiasan bisa dilakukan dengan mencampurkan serpihan bunga dan daun pada bubur kertas atau dengan menghiaskannya pada waktu kertas baru usai dicetak.

Dalam proses selanjutnya, kertas daur ulang ini bisa kita olah menjadi beragam souvenir atau barang-barang keperluan sehari-hari. Kotak pensil, block note, kotak perhiasan dan kertas surat merupakan beberapa contoh barang yang bisa dibuat dari kerta daur ulang. Nah, tunggu apalagi, Anda bisa mempraktekkannya bersama-sama dengan anak-anak Anda. Baik untuk sekedar sebagai kegiatan mengisi waktu luang ataupun jika ditekuni, membuat kertas daur ulang ini bisa menjadi suatu usaha sampingan yang cukup menjanjikan.Semoga berguna danbermanfaat.( taken from balipost.co.id)

106 responses to “Cara Mudah Daur Ulang Kertas bekas

  1. Ping-balik: PEMANFAATAN KERTAS BEKAS MENJADI BARANG KERAJINAN | Nur Chanif Muflichah

  2. dibutuhkan segera orang yang sudah berpengalaman mendaur ulang kertas..
    syarat jujur, telaten, disiplin.

    contect person :
    eni : 081329754626
    nilla : 087836932007
    wisnu : 08975078007

  3. keren juga tapi dari mana saya bisa mendapatkan bingkai yg di maksud
    ?

  4. kenapa dalam mixing kertasnya harus memakai air tidak mnggunakan bahan lain seperti etanol..
    siapa saja yang tau jawabannya, tolong anda memberi tahu alasannya..
    terima kasih.

    • Halo Mba Arin,
      Salam kenal, mohon maaf apabila baru bisa membalas sekarang.
      saya akan mencoba sedikit menjawab pertanyaan dari Mba.
      Kenapa harus memakai air karena air merupakan bahan alami yang tidak mengandung bahan berbahaya, bisa didapatkan dengan mudah dan tentunya ekonomis, dan air merupakan bahan pencampur terbaik yang bisa menyatu dan menghancurkan kertas apabila direndam dalam jangka waktu lama (khusus untuk daur ulang kertas lo)”proses penghancuran kertas menjadi bubur kertas”.
      demikian, mudah2an dapat membantu Mba.
      Salam Adil dan Lestari alam kita jaya!!!

      fingerclimb@yahoo.com

  5. alda chayank dia

    tertarik ugk sih
    tapi nampak nya agk sulit
    tapi krn koq pasti akan saya coba

  6. kok aku belum mudeng ya ?
    pas di saringan itu lho !!
    bsa kasih tau lgi kagak ?
    pliis butuh banget .

  7. Kurang Gambar nya

  8. trimakasi banyak , sangat bermanfaat :)

  9. jelaskan proses daur ulang kertas

  10. kasih gambarnya donk …. biar lebih ngertiii hihihihi

  11. wah…jadi ingin nyoba buat, thanks for the article

  12. Bisnis ini memang tiada matinya, yang tertarik dan ingin mengembangkan dalam skala masspro UKM alternatif mesin bisa menjadi pilihan.
    Berikut salah satu contoh mesin cetak daur ulang kertas di sini http://www.mesinjaya.co.cc/p/produk.html

  13. Pak minta video cara pembuatanya dong biar lebih jelas, mudah-mudhan bermanfaat.

  14. Gambarnya mana,…………………………

  15. hy…
    aq mau tanya…
    daur ulang kertas harus pakai cetakan kayu tah, gk bisa pakai alat lain gitu…

  16. Ping-balik: Ainun Komunikasi

  17. kalau bisa pakai video, biar mudah buatnya…

  18. oiya, cr mmbwat cetakan..?:-(

  19. heheehee…diakelerasi minggu depan mau daur ulang kertas jg…jd taw crnya.. :-)
    TRIMZ BERAATTT…!!!

  20. wah memang bagus tp saya masih bingung caranya
    kalok bisa kasih vidio dong ke fbku ya makasih

  21. assalamu’alaikum…..
    terus terang saja, saya sangat tertarik dengan kegiatan mendaur ulang sampah. terutama kertas.tapi, saya kurang mengerti dengan cara di atas itu. boleh gak di jelasin lagi tapi secara singkat ya…….
    buat semua’a salam kenal ya. di tunggu respon’a……

  22. Kami (UD. Budi Purnama) adalah pengepul kertas bekas, menerima segala macam kertas bekas
    (seperti kertas yg terbuang dr printer/photocopy, HVS, kardus, buku tulis,
    koran, majalah dll), yg tidak mengandung plastik.
    Jika Agan2 sekalian mempunyai barang2 tersebut yg tidak diinginkan,
    bisa dikirim ke alamat2 yg tertera dibawah ini.
    setelah barang kami timbang, kami langsung bayar TUNAI/CASH ditempat.
    berikut adalah harga per Kilogram(Kg)nya.

    HARGA BOLEH DIADU!!

    Kardus : Rp1.850
    Koran : Rp2.150
    HVS : Rp3.600 (putih polos)
    Mix : Rp1.200 (termasuk majalah)
    Duplek: Rp1.300
    King: Rp2.500
    CPO: Rp2.400
    Buku Telp: Rp1.500
    Buku Tulis (polos, tanpa cover): Rp3.100
    SWL : Rp2.500 (kertas HVS yg terbuang dr printer, photocopy/ ada tinta)
    Dll
    *** Harga per tgl 15-Maret-2011
    *****HARGA SEWAKTU-WAKTU BISA BERUBAH (naik/turun).
    Kami memberi harga yg bersaing!
    utk lebih jelas mengenai harga, alamat & info2 lainnya, silahkan
    hubungi kami melalui nomor telefon di bawah ini.

    PUSAT
    KEBON NANAS, Cipinang (dr pintu tol Pedati kira2 200-300m ke arah
    cawang[jalur lambat], dekat Univ. Empu Tantular, sebelah kantor DPU & sebelum kantor Samsat Jakarta Timur)
    jl DI.panjaitan no.1 cip. besar selatan rt12/06, Jakarta Timur.
    Telp: (021)8192482 – 8563901 Fax: (021)8576732

    CABANG
    JATINEGARA (dekat dengan Stasiun KA Jatinegara, jembatan item, sebelah
    masjid Nurul Islam, Seberang Gereja)
    Jl jatinegara timur 1 no.6 rt 10/ rw 02, Jakarta Timur.
    Telp: (021)8516965

    SENEN (tidak jauh dr atrium senen, kramat sentiong)
    jl kramat raya no.33 rt 007/ rw 02, Jakarta Pusat.
    Telp: (021)3906610

    PALMERAH (kira-kira 100m dari pasar Palmerah)
    jl. palmerah barat no. 141, rt 001/ rw02 gelora tanah abang, Jakarta
    Pusat.
    Telp: (021)53676672

    CILODONG (tidak jauh dr Kostrad)
    Jln Raya Bogor KM.39
    kmp. bendungan no.10 rt 2/ rw 2 cilodong depok.
    Telp: (021)8765419

    SEMARANG (dekat pabrik apak inti)
    jl raya semarang solo bawen merak pati, Semarang, Jawa-Tengah.
    Telp: (0298) 7101269

    Setiap hari buka dari jam 08:00 – 17:30 wib.
    Termasuk Sabtu, Minggu & hari libur besar (kecuali hari raya Idul Fitri).

    Yahoo Messenger: udbudipurnama

    Email: udbudipurnama@yahoo.co.id

    WEBSITE:

    http://www.urbanesia.com/profile/udbudipurnama

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7433506

    http://pengepulkertasbekas.blogspot.com/

    FACEBOOK: Pengepul Kertas Bekas – UD Budi Purnama

    Thanks & Best Regards,
    ArY
    - UD. Budi Purnama -

  23. Kami (UD. Budi Purnama) adalah pengepul kertas bekas, menerima segala macam kertas bekas (seperti kertas yg terbuang dr printer/photocopy, HVS, kardus, buku tulis,
    koran, majalah dll), yg tidak mengandung plastik.
    Jika kawan2 sekalian mempunyai barang2 tersebut yg tidak diinginkan,
    bisa dikirim ke alamat2 yg tertera dibawah ini.
    setelah barang kami timbang, kami langsung bayar TUNAI/CASH ditempat.
    berikut adalah harga per Kilogram(Kg)nya.

    Kardus : Rp1.850
    Koran : Rp2.150
    HVS : Rp3.600 (putih polos)
    Mix : Rp1.200 (termasuk majalah)
    Duplek: Rp1.300
    King: Rp2.500
    CPO: Rp2.400
    Buku Telp: Rp1.500
    Buku Tulis (polos, tanpa cover): Rp3.100
    SWL : Rp2.500 (kertas HVS yg terbuang dr printer, photocopy/ ada
    tinta)
    Dll
    *** Harga per tgl 13-Maret-2011
    *****HARGA SEWAKTU-WAKTU BISA BERUBAH (naik/turun).
    Kami memberi harga yg bersaing!
    utk lebih jelas mengenai harga, alamat & info2 lainnya, silahkan
    hubungi kami melalui nomor telefon di bawah ini.

    PUSAT
    KEBON NANAS, Cipinang (dr pintu tol Pedati kira2 200m ke arah
    cawang[jalur lambat], sebelah kantor DPU & sebelum kantor Samsat)
    jl DI.panjaitan no.1 cip. besar selatan rt12/06, Jakarta Timur.
    Telp: (021)8192482 – 8563901 Fax: (021)8576732

    CABANG
    JATINEGARA (dekat dengan Stasiun KA Jatinegara, jembatan item, sebelah
    masjid Nurul Islam, Seberang Gereja)
    Jl jatinegara timur 1 no.6 rt 10/ rw 02, Jakarta Timur.
    Telp: (021)8516965

    SENEN (tidak jauh dr atrium senen, kramat sentiong)
    jl kramat raya no.33 rt 007/ rw 02, Jakarta Pusat.
    Telp: (021)3906610

    PALMERAH (kira-kira 100m dari pasar Palmerah)
    jl. palmerah barat no. 141, rt 001/ rw02 gelora tanah abang, Jakarta
    Pusat.
    Telp: (021)53676672

    CILODONG (tidak jauh dr Kostrad)
    Jln Raya Bogor KM.39
    kmp. bendungan no.10 rt 2/ rw 2 cilodong depok.
    Telp: (021)8765419

    SEMARANG (dekat pabrik apak inti)
    jl raya semarang solo bawen merak pati, Semarang, Jawa-Tengah.
    Telp: (0298) 7101269

    Setiap hari buka dari jam 08:00 – 17:30 wib.
    Termasuk Sabtu, Minggu & hari libur besar (kecuali hari raya Idul Fitri).

    Yahoo Messenger: udbudipurnama

    Email: udbudipurnama@yahoo.co.id

    WEBSITE:
    http://www.facebook.com/pages/Pengepul-Kertas-Bekas-UD-Budi-Purnama/136987956335554

    http://www.urbanesia.com/profile/udbudipurnama

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7433506

    Thanks & Best Regards,
    ArY
    - UD. Budi Purnama -

  24. Kami (UD. Budi Purnama) adalah pengepul kertas bekas, menerima segala macam kertas bekas (seperti kertas yg terbuang dr printer/photocopy, HVS, kardus, buku tulis,
    koran, majalah dll), yg tidak mengandung plastik.
    Jika kawan2 sekalian mempunyai barang2 tersebut yg tidak diinginkan,
    bisa dikirim ke alamat2 yg tertera dibawah ini.
    setelah barang kami timbang, kami langsung bayar TUNAI/CASH ditempat.
    berikut adalah harga per Kilogram(Kg)nya.

    Kardus : Rp1.850
    Koran : Rp2.150
    HVS : Rp3.600 (putih polos)
    Mix : Rp1.200 (termasuk majalah)
    Duplek: Rp1.300
    King: Rp2.500
    CPO: Rp2.400
    Buku Telp: Rp1.500
    Buku Tulis (polos, tanpa cover): Rp3.100
    SWL : Rp2.500 (kertas HVS yg terbuang dr printer, photocopy/ ada
    tinta)
    Dll
    *** Harga per tgl 13-Maret-2011
    *****HARGA SEWAKTU-WAKTU BISA BERUBAH (naik/turun).
    Kami memberi harga yg bersaing!
    utk lebih jelas mengenai harga, alamat & info2 lainnya, silahkan
    hubungi kami melalui nomor telefon di bawah ini.

    PUSAT
    KEBON NANAS, Cipinang (dr pintu tol Pedati kira2 200m ke arah
    cawang[jalur lambat], sebelah kantor DPU & sebelum kantor Samsat)
    jl DI.panjaitan no.1 cip. besar selatan rt12/06, Jakarta Timur.
    Telp: (021)8192482 – 8563901 Fax: (021)8576732

    CABANG
    JATINEGARA (dekat dengan Stasiun KA Jatinegara, jembatan item, sebelah
    masjid Nurul Islam, Seberang Gereja)
    Jl jatinegara timur 1 no.6 rt 10/ rw 02, Jakarta Timur.
    Telp: (021)8516965

    SENEN (tidak jauh dr atrium senen, kramat sentiong)
    jl kramat raya no.33 rt 007/ rw 02, Jakarta Pusat.
    Telp: (021)3906610

    PALMERAH (kira-kira 100m dari pasar Palmerah)
    jl. palmerah barat no. 141, rt 001/ rw02 gelora tanah abang, Jakarta
    Pusat.
    Telp: (021)53676672

    CILODONG (tidak jauh dr Kostrad)
    Jln Raya Bogor KM.39
    kmp. bendungan no.10 rt 2/ rw 2 cilodong depok.
    Telp: (021)8765419

    SEMARANG (dekat pabrik apak inti)
    jl raya semarang solo bawen merak pati, Semarang, Jawa-Tengah.
    Telp: (0298) 7101269

    Setiap hari buka dari jam 08:00 – 17:30 wib.
    Termasuk Sabtu, Minggu & hari libur besar (kecuali hari raya Idul Fitri).

    Yahoo Messenger: udbudipurnama

    Email: udbudipurnama@yahoo.co.id

    WEBSITE:
    http://www.facebook.com/pages/Pengepul-Kertas-Bekas-UD-Budi-Purnama/136987956335554

    http://www.urbanesia.com/profile/udbudipurnama

    Thanks & Best Regards,
    ArY
    - UD. Budi Purnama -

  25. ass. mas aq mau minta tolong kirimin cara membuat cetakannya dong ke alamat nitazulma@yahoo.co.id sebelumhya makasih buanyaaak…

  26. Dimana mas/mbak bisa mencari screen kasanya tuk daur ulang limbahnya, apakah ada yang jual dibanjarmasin, trus blendernya seperti apa?

  27. sangat tertarik dengan daur ulang kertas tapi terustrang masih binggung, seandainya aja dalam bentukl vidio mungkin lebih di mengerti.

  28. Aku tertarik bangat dengan daur ulang kertas bekas cuman bingung kalau bisa dikirim dalam bentuk video, biar mudah dimengerti, soalnya dirumahku banyak bangat ketas bekas jadi aku bisa nyoba

    thank you

    balas

  29. boleh dong belajar langsung dimana ya???????????? aq punya bUUUUUUUUUuanyak kertas bekas bossssssss……………..balas cpt makasih

  30. muhammad harsen satria

    terima kasih
    saya sangat terbantu dengan ada nya car daur ulang kertas ini

  31. ingin di daur ulang atau tidak mau ribet jual aja, nich info selengkapnya ada disini: http://bisnislimbahkertas.blogspot.com/

  32. topo tomas prasetya

    daur ulang t2 sulit gag tto,trs jnis yg bsa di bwat apa aja………?
    cra masarin nya gmana.,.,.,.,,???????
    tengz eaw………………

  33. aku ada peer LH nihh..
    suruh bikin karya ilmiah gitu..
    pengen.a sih bikin daur ulang kertas yang gampangan…
    tapi aku masih bingung cara pencetakannya…
    bisa gak dijelasin make gambar/video gituhhh…
    makasihhh……..

  34. Ping-balik: keterampilan membuat kertas daur ulang « ypi al-qasimiyah أسس التربية الإسلامية القاسمية

  35. Ping-balik: hirvanno | Hirvanno's Blog

  36. assalamualaikum wr. wb

    aku ingin membuat kertas daur ulang tapi banyak peralatan yang tidak aku punyai seperti blender, apa ada cara yang paling mudah/cara lain untuk mendaur ulang kertas?

    • Bila tidak punya blender, solusi termudahnya adalah memperlama perendaman kertasnya. setiap saat, sambil masih terendam aduk-aduk kertas sambil melumat2kan dengan tangan. Lakukan kegiatan ini terus menerus sampai mendapatkan bubur kertas yang dikehendaki.

      Paling mudah jika kertasnya berupa kertas koran, lebih cepat lumat dengan cara di atas. Semoga membantu …

  37. Cetakannya ada yang jual ga?kalo ada belinya dimana ya?sy ingin mencoba untuk mengisi liburan anak-anak.thank u..

  38. Aslm Wr. Wb
    Z iNgin sekali membuat kertas daur ulang.. amat sangt tertarik… tpi masih bingung prosesnya…

  39. Agak sedikit rumit sih. Dan ada kesalahan ketik pada baris 6&7.
    Apa situ sudah merealisasikan hal itu sebagai peluang usaha?

  40. Agak sedikit rumit sih. Dan ada kesalahan ketik pada baris 6&7.
    Apa kamu sudah merealisasikan hal ini dan menjadikannya peluang usaha?

  41. bagus pisan lah……bisa berbagi ilmu

  42. Tolong kirimin cara buat cetakannya mas, ke arrysadi@gmail.com. thanks sebelumnya.
    Arry
    Maros
    Sulsel

  43. Berita daur ulang kertasnya sangat bagus dan menarik. tolngdong di kasi tau alamat email yang dituju untuk melihat video cara pembuatannya. aku lagi bingung ni banyak kali kertas yang bekas dan sayang kalau dibakar kan lebih baik di jadikan kerajinan tangan.

  44. mas, tolong kirimkan juga y bwt saya foto2 proses pembuatan daur ulang kertas ini, klw bisa cntoh cetakan nya sekalian.kirm lewat email saya aja ya….
    trima kasih sebelumnya.

  45. semua pasti ingin dunia ini bersih dari sampah. tapi indonesia …. aduh…. manusia yang ini, susah banget di kasih taunya.. indonesia indonesia…

  46. mas tolong dunk saya dikirimin gambar2 yang memperjelas proses daur ulang kertas itu????
    mohon bantuannya y???
    tolong dikirim ke email saya y???

  47. ass.wr.wb
    salam lestarii,,,,,
    thanx bgt buat info nya,,
    insya 4JJI berguna bagi sya dan kawan2 mapala lainnya disini,,
    smoga mash banyak anak2 bangsa yang akan muncul dan menyumbangkan idenya,,

  48. Ine Ciptanisah Pratiwi

    kalo bisa …
    tampilin donk gambar hasil buatan daur ulang ini
    penasaran nich !!!!!!!!!!!!!!!!
    pngin liat !!!!!!!!!
    oce !!!!!

  49. Dulu waktu saya sekolah di SD sudah diajarkan membuatnya untuk membuat peta relief. Di beberapa toko (buku seperti Gramedia) kayaknya juga dijual kertas hasil daur ulang kertas koran untuk bahan KTK anak-anak sekolah, tapi harganya kok mahal? Anak sekolah sekarang jangan yg melirik Kerajinan tangan dari bahan koran bekas, why?

  50. maap ..

    guw cma iseng

  51. asdasasav asasvasvasvavsavsavsavsavasvas

    dasdsad
    asdsad

    dsads
    ad
    sad
    asd
    as
    das
    das
    d
    asd
    asd
    sad
    sa
    dsa
    dsa
    ds
    ad
    sad
    sad
    as
    das
    da
    d
    ad
    ad
    asd
    wa
    daw
    das
    da
    d
    dw
    a
    s
    da
    wd
    wd
    as
    da
    sda
    d
    wa
    sd
    as
    das
    da
    d
    wd
    a
    sda
    sd
    as
    dsa
    dsa
    da
    ds
    sa
    ds
    ad
    sad
    sad
    sad
    as
    da
    da
    d
    ad
    ad
    ad
    ad
    awdwa
    dw
    adw
    ad
    wad
    awd
    aw
    daw
    dawdaw
    d
    awd
    wad
    aw
    daw
    d
    awd
    awd
    wad
    a
    dw
    d
    agv
    agv
    vg
    gn
    h
    muj
    muy
    mu
    ykj
    uy
    ky
    jk

  52. Assalamu’alaikum . . .
    Saya setuju banget and tertarik banget ne. Kapan ada vdeonya? To ga gmbr step by step, biar kmi lbh mudah mempraktekannya.
    Aku cinta hijaunya Indonesiaku.

  53. saya tertarik dengan apa yang dipaparkan di atas, tapi sepertinya saya masih kurang jelas, bisa minta diperjelas dengan videonya? bisa ya…..
    kalo bisa, kirim ke email saya aja y!! bheant_byt@yahoo.co.id.
    makasih banget lho….

  54. bs gag di buat video nya gt, cos masih bingung..plus langkah2 nya jgn dibuat narasi tp step per step..biar jelas…contoh cetakan ny sprti ap???antara kayu yg berkassa dan tidak bikin saya bingung..pls ya…cos kertas bekas di mesin penghancur dintor bnyak bgt sayang klo cm buat dibakar aj..tenkyu

  55. salam,

    Saya sangat tertarik akan daur ulang kertas ini. Namun saya masih bingung cara pembuatannya, kalau bisa tolong kirimkan video’nya biar cepat ngerti.

  56. Keren banget ya…anak-anak bangsa yang kreatif asal gak kere aktif ya. Limbah yg dibuang orang tp di tangan anda bisa jadi sesuatu yang memiliki nilai guna itu adalah merupakan pemikiran cerdas yang luar biasa. Ayo anak bangsa kembangkan terus imajinasi kamu sementara kami yang tua-tua ini tinggal ndukung ikut mempraktekkan skaligus mensukseskan program menghijaukan bumi ini…wassalam.

  57. sya punya poto copy senter nih n bnyak nanget kertas yg salah copy gitu,saya pengen bangat ngedaur ulangny caranya sy ngerti tapi sy bingung cara bikin cetakanya,kalo ada yg bisa bantu sy d’mana sy bisa membeli cetakanny,sy tingal d’bandung….
    thx seblumnya y…..
    rikky_harfiansyah@yahoo.co.id

  58. Klo bisa ada gambarnya donk…(step by stepnya git lho….)biar lebih jelas

  59. oya boz…
    nu nanya dunks
    untuk menghilangkan tinta pada kertas itu apakah hanya dengan cara merebusnya atau ada cara lain?
    thenx banget informasinya…
    pengethuanya ngena banget..

    • sorry neh baru dibalas…..
      sebenarnya dengan cara direbus udah bisa ngilangin warna tinta nya tapi memang ga seputih biasanya
      kalo mau lebih bagus, setelah direbus direndam lagi pake pemutih….
      mungkin itu aja….
      namanya juga kan kertas daur ulang ya gitu deh hasilnya …..hehehe…
      tapi saya salut dengan kemauan bang jupri yang udah mau membaca artikel kami dan mau nyoba…
      mudah2an banyak orang yang mau nyontoh kaya bang jupri biar orang sadar bahwa bahan baku kertas adalah kayun yang diambil dari pohon, butuh waktu lama buat menumbuhkan pohon, mulai sekarang mari kita ubah gaya hidup yang lebih ramah lingkungan biar bumi kita tetap hijau dan nyaman….
      salut buat bang jupri dan semua kawan2 pemerhati lingkungan….
      LESTARI ALAM KITA JAYA>>>>>>>

  60. Thanks ya infonya….tanya dikit nih… jenis kertas yang direndam apakah harus sama? or boleh campur2..(mis:koran + hvs atau koran + koran)…gitu aja dulu..thanks again ya…

  61. wahh,brguna bgt niee info…,makasih….
    dah spatutnya qt mencntai alam qt

  62. Aslm WR WB
    Info ini sangat bermanfaat untuk saya, karna saya melihat di lingkungan saya banyak sekali sampah-sampah kertas yang berserakan. sebenarnya saya juga belum pernah mencobanya karna saya belum pernah membuka halaman ini sebelumnya. saya mau tanya gimana cara buat cetakannya? n bisa ngga kalau blendernya pake blender buah.

  63. Sangat bermanfaat info ini. Apalagi cocok dengan usaha saya yang mendaur ulang kertas, plastik, logam, besi. RECYCLE ALL! SAVE THE EARTH!

  64. Assalmu’alaikum…..
    gw jarto….. sebenernya dari kemaren – kemaren gw pengen tau banget caranya mendaur ulang kertas.. thenx ya bgt ya lu dah memuatnya.
    btw buat pengolahannya membutuhkan bahan – bahan tambahan ga? kaya bahan- bahan kimia gitu.
    trus gw ada yang ga ngerti nie…
    pas direndem selama 2 hari ntu di biarin ajah ya? ga pake di tambahin apa gitu..
    trus cara ngilangin tinta yang ada di kertasnya gimana???
    blender yang di butuhin khusus ga sich??
    prinsip kera mendaur ulang kertas itu memanfaatkan kertas yang udah jadi bubur dan direndam di dalam air ya?
    btw semua jenis jertas bisa di daur ulang juga ga c???
    bisanya bisa di gunain buat apa ajah c kertas bekasnya??
    selain fungsi utamanya sebagai kertas…..

    sori nie ge nanya banyak2..bis gw kesemsem sama daur ulang kertas
    blz ya ke emai ge
    Jarto_2act@yahoo.com
    ….so far thenx yA ???

  65. Assalamu Alaikum wr.wb…
    SALAM KENAL YA.
    SAYA SANGAT BERMINAT DENGAN DAUR ULANG KERTAS INI, BISA DI KIRIM KAN CARA NYA N BAHAN NYA SECARA BERGAMBAR OR VIDEO.
    BIAYA NYA AKAN SAYA KIRIM.
    pLAESE BGT YA….
    dewi.armaya@dhl.com

  66. Permisi..
    cuma mo ngasih tambahan aj..
    sebernanya pas sekolah dulu mang dah diajarin sih
    jgn PAKE kertas KORAN…
    karena kertas koran beda dengan kertas biasa yg nanti mo di daur ulang..
    hasilnya jadi item..
    sekian numpang lwtny
    PEACE..

  67. sebenernya sih mau dagang koran bekas, tp kan ga go green, so i’m really interested in making recycled paper….. thanks for the info man…
    hidup go green……..

  68. untuk yang ada di jakarta dan sekitarnya yang memerlukan bubuk dan serbuk kertas,kami ada dan kontinyu…. ( email ke : n_v_rain@yahoo.com )

  69. cara mendaur ulang kertas dapat megurangi sampah ,kami sangat tertarik sekali……..

  70. sebelumnya terimakasih buat kawan2 yang udah mau masuk keblog dan membaca artikel kami, tapi kami mohon maaf untuk saat ini kami tidk bisa memberikn info yang lebih rinci dikarenakan kawan2 untuk saat ini ada kesibukan; tapi kami usahakan untuk waktu dekat bisa menambah artikel mengenai daur ulang kertas terimakasih dan mohon maaf yang sebesar2nya…..
    salam lestari!!!!!!!!!!!!

  71. tolonjg tambahin cara daur ulang kertas dong…

    saya lagi berminat untuk mendaur ulanng kertas…

  72. aslm wr wb

    saya sangat tertarik membuatnya tapi kalau hanya penjelasan saya bingung,
    minta tolong via video pengolahannya ..
    klo bisa tolong dikirim via email saya yudha_fajar_rahargo@yahoo.co.id
    amal yang bermanfaat menjadi investasi jangka panjang ke alam akhirat..
    makasih..

  73. a href=”” title=””>

    aslm wr wb

    saya sangat tertarik membuatnya tapi kalau hanya penjelasan saya bingung,
    minta tolong via video pengolahannya ..
    klo bisa tolong dikirim via email saya yudha_fajar_rahargo@yahoo.co.id
    amal yang bermanfaat menjadi investasi jangka panjang ke alam akhirat..
    makasih..

  74. tolong donk bantuin aku gimana cara pembuatan alat daur ulang itu, kalo kita menggunakan blender biasa (buah) kan tidak bisa dengan kapasitas yang besar karna akan menimbulkan bau kepanasan, nah jujur sekarang aku lagi cari ide gimana cara membuat alat tersebut, dan itu untuk tugas TA ku, apakah bedanya dengan blender biasa terletak hanya pada motor nya aja, please kasih bantuan dan ide donk ,
    thankzzzzzzzz ^_^

  75. infonya dah lengkap bnet ko…
    ampe bikin cetakannya jg dah ada…
    ternyata gw kelewatan bacanya ttg bikin cetakannya..

  76. untung ada info iini…
    kebetulan gw lg bingung…
    kertas bekas drumah gw byk banet..
    tapi gw masih jg binung.. gmna cara buat cetakannya?????????

  77. assalamuallaikum…
    subhanallah info yang sangat bagus ya?
    saya butuh banyak informasi tentang daur ulang kertas ini.
    cukup prihatin jika melihat teman-teman mahasiswa di yogya yang seeerrriiiinnnggg banget fotocopy bahan kuliah,catatan,dll tapi akhirnya di buang percuma…
    boleh saya minta CP bwt nanya-nanya lebih jelas???
    insyallah langsung saya praktikan bersama teman-teman kampus…
    ditunggu jawabannya..
    makasih.
    (mahasiswi_pertanian UGM)

  78. Terima kasih atas info yang sangat berguna ini, semoga bermanfaat bagi saya yang ingin membuat kertas daur ulang.
    rina: megamasbali@gmail.com

  79. sama-sama, kami dari mapala Justitia merasa senang karena masih ada kawan-kawan yang peduli akan kelestarian alam kita,,,
    mudah2an sekecil apapun tindakan kita dapat berguna bagi semua,,
    untuk pembuatan daur ulang kertas dalam bentuk rekaman kami belum punya, mohon maaf dan harap maklum………………..terima kasih…
    salammmm lestariiiiiiii!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    jayalah Alam kita!!!!!!!!!!!!!!

  80. kami bersama rekan tertarik mengembangkan program kertas alami di klaten dalam suatu kerja sosial yang kami lakukan, mengingat bahan yang cukup memadai…terimakasih referensinya

  81. Assalamu Alaikum wr.wb…
    Pa kbr ni rekan2 mah mapala,,,
    langsung aja yaa…
    kami sangat tertarik dgn pembuatan daur ulang kertas, tp kami tu msh bingung dgn caranya…mungkin dr kawan2 mapala ni bs mbantu kami. klo bisa krimin kami cara pembuatan daur ulang kertas dlm bentuk video baik dlm bntuk dijital kamera at video Hp, walaupun dlm durasi yg singkat aj…kami mohon yaaa…mksh atas bantuannya

    wss….

    05117651074
    Faisal_asti02@yahoo.com

Silahkan Tulis Komentar/Saran/Kritik Anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s